Rabu, 26 Maret 2014

Perangkat Lunak

Perangkat lunak

Nama lain dari Software disebut juga dengan perangkat lunak. Seperti namanya itu, perangkat lunak, sifatnya pun berbeda dengan hardware atau perangkat keras, jika perangkat keras adalah komponen yang nyata yang dapat diliat dan disentuh oleh manusia, maka software atau Perangkat lunak tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisik, software memang tidak tampak secara fisik dan tidak berwujud benda tapi kita bisa mengoperasikannya. Atau Pengertian Software adalah sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh komputer, data elektronik yang disimpan oleh komputer itu dapat berupa program atau instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. melalui sofware atau perangkat lunak inilah suatu komputer dapat menjalankan suatu perintah.
Yang termasuk katagori Software adalah :
A. Sistem Operasi
B. Program Aplikasi
Pengertian Sistem Operasi : adalah. perangkat lunak yang bekeja sebagai media perantara antara pengguna/pemakai dengan perangkat keras atau komputer.
Adapun Sistem operasi tersebut bersifat :
- Multiuser : dapat digunakan oleh banyak user
- Multitasking : dapat melakukan banyak tugas
Sistem operasi terbagi menjadi dua klasifikasi :
1. Sistem operasi berbasiskan teks.
Merupakan sistem operasi yang menggunakan  teks sebagai sistem. Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan teks, yaitu :
- Unix
- OpenBSD
- FreeBSD

2. Sistem operasi berbasiskan Unit grafis antar muka ( GUI / Graphic Unit Interface ).
Merupakan sistem operasi yang berbasiskan gambar atau grafis unit antar muka, Ada beberapa contoh dari sistem operasi berbasiskan GUI, yaitu :
- Windows merupakan sistem operasi berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikeluarkan oleh Microsoft.
- Macintosh pertama dikeluarkan pada bulan Januari 1984 sangat mudah digunakan (user friendly) dibandingkan dengan yang lainnya. Versi terakhir yang dikeluarkan Macintosh sistem operasi yaitu sistem X yang digunakan di Apple iMac Desktop ataupun Apple Notebook.
- Linux pertama kali dikeluarkan tahun 1991 oleh Linus Torvald. Linux ini merupakan salah satu varian dari Sistem Operasi Unix. Linux Generasi I merupakan Sistem Operasi berbasis Teks. Setelah Linux berkembang pesat karena sifatnya open source, maka Linux saat ini telah berbasiskan graifs sebagai antar mukanya. Dan Linux itu terdiri dari beberapa distribusi (distro / Pengembang) :
- Solaris Operating Sistem terbaru yang berbasis GUI produki SUN Micro System
Beberapa contoh distro linux di bawah ini :
- Ubuntu
- Mandrake
- Open Suse
- Fedora Core
- Igos
- dan sebagainya
Perangkat lunak aplikasi :
Merupakan perangkat yang berfungsi untuk melakukan berbagai bentuk tugas pekerjaan, seperti aplikasi perkantoran seperti pengolah kata, lembar sebar, presentase, pengolahan halaman web hingga perangkat media player atau multimedia dan sebagainya, hal ini sudah berkembang sejak sistem operasi tersebut dikembangkan.
Perangkat lunak aplikasi terdiri dari :
1. Program Aplikasi Perkantoran :
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk pekerjaan perkantoran, Contohnya :
Microsoft Office : Word ( Pengolah Kata ), Excel ( Spreadheet ), Acces
2. Program bantu (Utility)
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi seperti yang dijelaskan diatas, seperti, antivirus, defragmenter, format disket, periksa sistem dan sebagainya.
3. Program Aplikasi Desain Grafis dan Animasi
Merupakan suatu program yang berfungsi untuk mendesain grafis seperti membuat poster, banner, film dll. Contohnya : Adobe Photoshop, Macromedia Flash, Adobe Ilustrator, Core Draw. dll
4. Bahasa Pemrograman
Merupakan suatu aplikasi yang berguna mengkonversi perhitungan yang bersifat matematis menjadi suatu aplikasi. Sebagai contoh bahasa pemrograman Bahasa BASIC, COBOL, C++ dan sebagainya.

Apa yang dimaksud dengan video streaming dan bagaimana cara kerjanya?
Video streaming adalah istilah yang sering kita gunakan saat melihat video diinternet melalui browser dimana kita tidak perlu men-download file video tersebut untuk dapat memutarnya. Istilah ini tersebut terdiri dari dua suku kata yaitu video dan streaming, secara istilah video berarti teknologi untuk menangkap, merekam, memproses, mentransmisikan dan menata ulang gambar bergerak, sedangkan streaming berarti proses penghantaran data dalam aliran berkelanjutan dan tetap yang memungkinkan pengguna mengakses dan menggunakan file sebelum data dihantar sepenuhnya.
Jadi video streaming dapat diartikan transmisi file video secara bekelanjutan yang memungkinkan video tersebut diputar tanpa menunggu file video tersebut tersampaikan secara keseluruhan.
Video streaming banyak diimplementasikan pada dunia pertelevisian untuk melakukan siaran dari website atau mengirimkan gambar siaran langsung melalui website atau disebut juga live streming. Jadi gambar yang didapatkan dari siaran langsung, sesegera mungkin ditransmisikan dan dapat diputar melalui internet.

Video Streaming

METODE VIDEO STREAMING
Secara umum metode streaming video sangatlah sederhana, yaitu dengan membagi video dalam beberapa bagian paket yang dienkode sebelum dikirim, selanjutnya pada resicivier, oaket tersebut akan didekode agar bisa diputar. kegiatan seperti ini akan terus dilakukan sampai paket video telah terkirim sepenuhnya.
contoh :
saya akan menonton pidato barack Obama melalui website abcnews.go.com, maka tv abc akan memecah video Obama dalam beberapa paket yang diencode dalam sebuah file video codec seperti H.264 or WebM, selanjutnya paket tersebut dikirim dan diterima oleh user dalam bentuk bitstream yang digabungkan kembali dan disimpan dalam buffering memory. bitstream tersebut kemudian diencode menjadi file bertipe FLV atau lainnya. nah…. file inilah yang kemudian diputar oleh browser.

VOIP

Voice over Internet Protocol (VoIP) adalah teknologi yang mampu melewatkan trafik suara, video dan data yang berbentuk paket melalui jaringan IP. Dalam komunikasi VoIP, pemakai melakukan hubungan telepon melalui terminal yang berupa PC atau telepon. Terminal akan berkomunikasi dengan gateway melalui telefoni lokal. Hubungan antar gateway dilakukan melalui network IP.Network IP dapat berupa network paket apapun, termasuk ATM, FR, Internet, Intranet, atau line E1. Voip menawarkan transportasi sinyal yang lebih murah, feature tambahan, dan transparansi terhadap data komputer. Hambatan Voip saat ini adalah kehandalannya yang di bawah telefoni biasa, dan soal standarisasi yang akan menyangkut masalah interoperabilitas.

Dengan bertelepon menggunakan Voip, banyak keuntungan yang dapat diambil. Diantaranya adalah dari segi biaya, jelas lebih murah dari tarif telepon tradisional, karena jaringan IP bersifat global sehingga untuk hubungan Internasional dapat ditekan hingga 70%. Selain itu, biaya maintenance dapat di tekan karena voice dan data network terpisah, sehingga IP Phone dapat ditambah, dipindah dan di ubah. Hal ini karena Voip dapat dipasang di sembarang ethernet dan IP address, tidak seperti telepon tradisional yang harus mempunyai port tersendiri di Sentral atau PBX.
Hal yang menarik tentang VoIP adalah banyaknya cara untuk melakukan panggilan. Saat ini ada 3 jenis metode yg berbeda yang paling sering digunakan untuk melakukan layalan Voip, yaitu :
     ATA (Analog Telephone Adaptor)
Cara yang paling sederhana dan paling umum adalah dengan menggunakan suatu alat yang disebut ATA. ATA memungkinkan kita untuk menghubungkan pesawat telepon biasa ke komputer atau disambungkan ke internet untuk dipakai Voip. ATA adalah alat pengubah sinyal dari analog menjadi digital. Cara kerjanya adalah mengubah sinyal analog dari telepon dan mengubahnya menjadi data digital untuk di transmisikan melalui internet. Provider seperti VONAGE dan AT&T Callvantage membuat alat ATA dan memberikannya secara gratis kepada pelanggannya sebagai bagian dari service mereka. Mereka tinggal membuka ATA, memasang kabel telepon ke alat, dan Voip sudah bisa digunakan. Beberapa jenis ATA dipaket dan dibundel beserta software tambahan yang harus diinstalkan pada komputer untuk melakukan konfigurasi ATA, tetapi pada umumnya itu hanya setting yang sangat gampang.
   IP Phones
Pesawat telepon khusus ini kelihatannya sama dengan telepon biasa. Tapi selain mempunyai konektor RJ-11 standar, IP Phones juga mempunyai konektor RJ-45. IP Phones menghubungkan langsung dari telepon ke router, dan didalam IP Phones sudah ada semua perangkat keras maupun lunak yang sudah terpasang didalamnya yang menunjang melakukan pemanggilan IP. Tidak lama lagi, IP Phone nirkabel (wireless) akan tersedia, dan memungkinkan para pengguna untuk melakukan panggilan Voip dari hotspot yang tersedia.
   Computer-to-Computer
Cara ini jelas merupakan cara paling mudah untuk melakukan panggilan Voip. Anda bahkan tidak usah membayar satu sen pun untuk melakukan panggilan SLJJ. Ada beberapa perusahaan yang menawarkan program yang harganya murah bahkan gratis yang dapat digunakan untuk melakukan panggilan Voip. Yang harus anda sediakan hanya program (software), mikrofon, speaker, soundcard dan koneksi internet, lebih diutamakan koneksi internet yang relatif cepat seperti koneksi Kabel atau DSL. Selain biaya bulanan ISP, biasanya tidak ada lagi biaya untuk panggilan Computer-to-Computer, seberapa jauh pun jaraknya.
Pada gambar di atas menjelaskan bahwa komunikasi suara antara kantor pusat dan cabang menggunakan VOIP dengan menggunakan voip gateway sebagai alat pembantu untuk menghubungi antara kantor pusat dan cabang.
        paling sederhana dalam sistem VoIP adalah dua buah komputer yang saling terhubung dengan internet. Syarat-syarat dasar untuk mengadakan koneksi VoIP adalah komputer yang terhubung ke internet, mempunyai sound card yang dihubungkan dengan speaker dan mikropon. Dengan dukungan software khusus, kedua pemakai komputer bisa saling terhubung dalam koneksi VoIP satu sama lain. Bentuk hubungan tersebut bisa dalam bentuk pertukaran file, suara, gambar. Penekanan utama dalam VoIP adalah hubungan keduanya dalam bentuk suara. Pada perkembangannya, sistem koneksi VoIP mengalami evolusi. Bentuk peralatan pun berkembang, tidak hanya berbentuk komputer yang saling berhubungan, tetapi peralatan lain seperti pesawat telepon biasa terhubung dengan jaringan VoIP. Jaringan data digital dengan gateway untuk VoIP memungkinkan berhubungan dengan PABX atau jaringan analog telepon biasa. Komunikasi antara komputer dengan pesawat (extension) di kantor adalah memungkinkan. Bentuk komunikasi bukan Cuma suara saja. Bisa berbentuk tulisan (chating) atau jika jaringannya cukup besar bisa dipakai untuk Video Conference. Dalam bentuk yang lebih lanjut komunikasi ini lebih dikenal dengan IP Telephony yang merupakan komunikasi bentuk multimedia sebagai kelanjutan bentuk komunkasi suara (VoIP). Keluwesan dari VoIP dalam bentuk jaringan, peralatan dan media komunikasinya membuat VoIP menjadi cepat popular di masyarakat umum.

Video Voip

Pengertian Video Streaming adalah sebuah komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan sebuah gambar, video streaming bukan hal yang baru bagi kita di tanah air (Indonesia), sejak munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telephone seluler video streaming bagaikan jamur bertumbuhan dimana-mana, hingga kepelosok tanah air.

Sebenarnya penggunaan video streaming ini sudah lama kita lakukan, mungkin kita sudah lupa dengan penggunaan kita pada Yahoo Messenger, skype, youtoube atau yang sejenisnya, kita sudah lakukan sebelum 3G menjamur, sekitar tahun 2008 lebih kurangnya, mulai muncul media televisi di Indonesia yang menggunakan video streaming, seperti metrotv, antv, transtv kini sudah sampai tvone.

Video streaming sebenarnya sebuah teknologi yang mempermudah kita dalam mendapatkan informasi dalam bentuk tampilan video, apalagi dengan internet menjamur di segala penjuru dunia kita makin mudah mendapatkan informasi dan menikmati hiburan tanpa membutuhkan media antena televisi biasa maupun parabola, karena banyak broadcast televisi yang free to air memberikan fasilitas tersebut agar media tersebut dapat di simak disegala penjuru dunia, seperti saat kita di Singapur, Amerika, dan lainnya kita masih bisa menyimak tayangan televisi di tanah air tanpa perangkat antena televisi atau parabola.

Kemudahan tersebut membuat kita semakin merasa dunia dalam genggaman, kita dapat melihat televisi, kita dapat berkomunikasi dengan interaktif 3G atau melalui media Gtalk,Yahoo Messenger, Skype dan lainnya adalah sebuah manfaat dari sebuah teknologi video streaming.

Encoder

Encoder adalah rangkaian yang berfungsi untuk mengkodekan data input menjadi data bilangan dengan format tertentu. Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian kombinasi gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input dan memiliki output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan mengkodekan setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner. Dalam teori digital banyak ditemukan istilah Encoder seperti “Desimal to BCD Encoder” yang berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan line input dengan jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4 bit BCD (Binary Coded Decimal). Atau “8 line to 3 line Encoder” yang berarti rangkaian Encoder dengan input 8 line dan output 3 line (3 bit BCD).

Mpeg2 dan Mpeg4

A. MPEG-2 (alias H.222/H.262 seperti yang didefinisikan oleh ITU) adalah standar untuk “coding generik gambar bergerak dan audio yang terkait”. Ini menggambarkan kombinasi dari kompresi video lossy dan metode kompresi data audio lossy, yang memungkinkan penyimpanan dan transmisi film menggunakan media penyimpanan saat ini tersedia dan bandwidth transmisi.

MPEG-2 banyak digunakan sebagai format sinyal televisi digital yang disiarkan oleh terestrial (over-the-air), kabel, dan sistem TV satelit siaran langsung. Hal ini juga menentukan format film dan program lain yang didistribusikan pada DVD dan cakram serupa. Stasiun TV, penerima TV, pemutar DVD, dan peralatan lainnya sering dirancang untuk standar ini. MPEG-2 adalah anak kedua dari beberapa standar yang dikembangkan oleh Moving Pictures Expert Group (MPEG) dan merupakan standar internasional (ISO / IEC 13818). Bagian 1 dan 2 dari MPEG-2 yang dikembangkan dalam sebuah kolaborasi dengan ITU-T, dan mereka memiliki nomor katalog masing-masing di Seri Rekomendasi ITU-T. Sementara MPEG-2 adalah inti dari televisi yang paling digital dan format DVD, itu tidak benar-benar menentukan mereka. Institusi regional dapat menyesuaikan dengan kebutuhan mereka dengan membatasi dan menambah aspek standar. Lihat profil Video dan tingkat.

MPEG-2 mencakup bagian Sistem, bagian 1, yang mendefinisikan dua yang berbeda, tetapi terkait, format kontainer. Salah satunya adalah transportasi streaming, sebuah format paket data yang dirancang untuk mengirimkan satu paket data dalam empat paket data ATM untuk streaming video digital dan audio melalui media transmisi fixed atau mobile, di mana awal dan akhir sungai tidak dapat diidentifikasi, seperti media perekaman frekuensi radio, kabel dan linear, contoh yang termasuk ATSC / DVB / ISDB / SBTVD penyiaran, dan HDV rekaman pada tape. Yang lainnya adalah aliran program, sebuah versi diperpanjang dari format MPEG-1 kontainer tanpa overhead tambahan transportasi sungai disebutkan sebelumnya dirancang untuk random access media penyimpanan seperti hard disk drive, cakram optik dan flash memory.

Pengecualian aliran program yang M2TS, yang digunakan pada cakram Blu-ray, AVCHD pada DVD rewritable dan HDV pada kartu compact flash semua menggunakan overhead yang tidak perlu dari transportasi sungai. Sementara VOB pada DVD dan Enhanced VOB pada pendek tinggal HD DVD tidak membuang-buang ruang penyimpanan dan hanya menggunakan aliran Program.

MPEG-2 Sistem secara resmi dikenal sebagai ISO / IEC 13818-1 dan ITU-T Rec. H.222.0 ISO resmi “SMPTE Registration Authority, LLC” sebagai otoritas registrasi untuk format MPEG-2 pengidentifikasi.. Pendaftaran deskripsi dari MPEG-2 transport disediakan oleh ISO 13818-1 untuk memungkinkan pengguna standar untuk tegas membawa data ketika formatnya belum tentu standar internasional yang diakui. Ketentuan ini akan memungkinkan MPEG-2 transport standar untuk membawa semua jenis data sambil memberikan untuk metode identifikasi ambigu karakteristik dari data pribadi yang mendasari.

B. MPEG-4

MPEG-4 adalah metode mendefinisikan kompresi (AV) data digital audio dan visual. Saat itu diperkenalkan pada akhir 1998 dan ditetapkan sebagai standar untuk sekelompok audio dan video coding format dan teknologi yang berhubungan disepakati oleh ISO / IEC Moving Picture Experts Group (MPEG) (ISO / IEC JTC1/SC29/WG11) di bawah standar resmi ISO / IEC 14496 – Coding benda audio visual. Penggunaan MPEG-4 meliputi kompresi data AV untuk web (streaming media) dan distribusi CD, suara (telepon, videophone) dan aplikasi siaran televisi.

MPEG-4 menyerap banyak fitur dari MPEG-1 dan standar yang terkait MPEG-2 dan lainnya, menambahkan fitur baru seperti (diperpanjang) dukungan VRML untuk rendering 3D, file komposit berorientasi objek (termasuk audio, video dan objek VRML), dukungan untuk Digital Rights Management eksternal tertentu dan berbagai jenis interaktivitas. AAC (Advanced Audio Coding) adalah standar sebagai tambahan untuk MPEG-2 (sebagai Bagian 7) sebelum MPEG-4 dikeluarkan.

MPEG-4 masih standar berkembang dan terbagi menjadi beberapa bagian. Perusahaan mempromosikan MPEG-4 kompatibilitas tidak selalu jelas menyatakan yang “bagian” tingkat kompatibilitas yang mereka maksudkan. Bagian-bagian kunci yang harus diperhatikan adalah MPEG-4 bagian 2 (termasuk Advanced Simple Profile, yang digunakan oleh codec seperti DivX, Xvid, Nero Digital dan 3ivx dan dengan QuickTime 6) dan MPEG-4 bagian 10 (MPEG-4 AVC / H 0,264 atau Advanced Video Coding, yang digunakan oleh encoder x264, oleh Nero Digital AVC, oleh QuickTime 7, dan media video definisi tinggi seperti Blu-ray Disc).

Sebagian besar fitur yang termasuk dalam MPEG-4 yang tersisa untuk pengembang individu untuk memutuskan apakah akan menerapkannya. Ini berarti bahwa tidak mungkin ada implementasi lengkap dari seluruh MPEG-4 set standar. Untuk mengatasi hal ini, standar mencakup konsep “profil” dan “tingkat”, yang memungkinkan serangkaian tertentu kemampuan untuk didefinisikan dengan cara yang sesuai untuk subset aplikasi.

Awalnya, MPEG-4 ditujukan terutama pada bit-rate komunikasi video rendah, namun, ruang lingkup sebagai standar pengkodean multimedia kemudian diperluas. MPEG-4 efisien di berbagai bit-tarif mulai dari beberapa kilobit per detik hingga puluhan megabit per detik. MPEG-4 menyediakan fungsi berikut:

Peningkatan efisiensi coding selama MPEG-2
Kemampuan untuk mengkodekan data media campuran (video, audio, pidato)
Kesalahan ketahanan untuk memungkinkan transmisi yang kuat
Kemampuan untuk berinteraksi dengan adegan audio visual yang dihasilkan pada penerima


Sumber :
http://sriwahyufirdaus.blogspot.com/2013/04/pengertian-video-streamin-voip-video.html
http://rd-hiiro.blogspot.com/2013/09/pengertian-encoder-dan-decoder.html
http://inuboa.wordpress.com/2013/04/25/mpeg-2-mpeg-4/
http://bahanajarmultimediasmk.blogspot.com/2011/11/apa-yang-dimaksud-softwareperangkat.html
http://argiatama.blogspot.com/2010/12/video-streaming-apa-sih.html
http://antojuli.blogspot.com/2011/04/apa-yang-dimaksud-dengan-voip-jelaskan_06.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar